Penyakit Akibat Minum Kopi

Minuman kopi sudah populer sejak zaman dahulu. Para ahli menyatakan bahwa kopi memiliki kandungan kafein yang berbentuk kristal sehingga rasanya pahit dan menghasilkan psikotonik yang kuat serta diuretik ringan. Selain kopi, minuman lain yang mengandung kafein adalah teh. Kafein dapat membuat tubuh jadi terasa lebih segar, berpikir lebih cepat, tidak mudah mengantuk dan lelah. Karena manfaat inilah banyak masyarakat yang menyukai minuman yang satu ini.

Namun, kopi dapat mengakibatkan kecanduan bila dikonsumsi secara berlebihan. Sehari saja tidak minum kopi dapat membuat tubuh tidak bergairah dan kepala menjadi pusing. Selain itu, terbiasa mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan dampak negatif berikut ini.

Asam lambung
Kadar asam lambung dapat meningkat tinggi bila mengkonsumsi kopi dan akibatnya dapat menimbulkan penyakit maag.

Detak jantung tinggi
Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan detak jantung. Oleh karena itu sebaiknya menghindari minum kopi secara berlebihan.
Penyakit Akibat Minum Kopi

Daya tahan tubuh melemah
Kopi mengandung kafein yang bersifat menyerap mineral, vitamin dan cairan dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan daya tahan tubuh bisa melemah. Karena itulah untuk membiasakan minum air putih yang banyak setelah minum kopi.

Kadar trigliserida tinggi
Kadar trigliserida dan kolesterol dalam tubuh dapat meningkat bila minum kopi. Hal ini disebabkan oleh lemak yang mengendap dan penyempitan pembuluh darah sehingga mengakibatkan serangan jantung atau stroke.

Insomnia
Terbiasa minum kopi dapat menyebabkan susah tidur atau insomnia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Proses Pembuatan Kopi Instan

Akibat Makan Bubuk Kopi