Proses Pembuatan Kopi Instan

Kopi instan atau dikenal juga sebagai kopi bubuk adalah salah satu jenis minuman yang berasal dari biji kopi yang digiling halus lalu diseduh dengan air panas. Sekarang ini kopi instan tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari kopi bubuk dan kopi cair. Kopi instan memiliki keuntungan yakni cepat dalam penyajiannya dan mudah membuatnya. Selain itu kopi instan sangat diuntungkan dalam pengiriman karena memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan biji kopi. Berikut ini proses pembuatan kopi instan.

Sortasi
Biji kopi akan diproses berdasarkan ukuran dan bobotnya. Proses ini akan menghilangkan atau membersihkan biji kopi dari benda asing sebelum memasuki proses produksi. Kualitas kopi dan cita rasa yang enak dapat didapatkan asalkan melalui pengolahan yang baik.

Penyimpanan
Biji kopi harus disimpan dalam tempat yang sejauk, kedap udara, kering dan terhindar dari sinar matahari. Cita rasa kopi dapat rusak apabila terkena cahaya, panas, kelembapan dan udara di sekitarnya.
Proses Pembuatan Kopi Instan

Penggorengan / Roasted
Proses selanjutnya adalah penyangraian. Proses inilah yang nantinya mempengaruhi cita rasa kopi karena akan merubah biji kopi secara fisik dan kimiawi. Biji kopi akan digoreng atau dipanaskan sampai suhur 200 derajat celcius.

Pencampuran
Kopi bubuk yang memiliki citarasa dan aroma yang khas itu berasal dari campuran berbagai jenis kopi seperti arabika, exelsa, robusta dan lain-lain. Proses pengolahannya pun ada tiga cara seperti proses kering, proses semi basah dan proses basah.

Ekstraksi
Ekstraksi ada dua tahap yaitu dingin/perkolasi dan panas/ekstraksi.

Filtrasi
Proses ini akan memisahkan bagian yang tidak larut saat proses ekstraksi tadi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Akibat Makan Bubuk Kopi