Manfaat Kopi Bagi Perokok Aktif

Bagi para penikmat kopi di dunia perlu mengetahui manfaat kopi bagi kesehatan. Mengkonsumsi kopi secara rutin dapat mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit. Minum kopi secara berlebihan juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti sirosis hati, sakit kepala, batu empedu, kelainan jantung, dan diabetes serta kanker. 

Kopi mengandung kafein yang dapat menjadi obat penawar bagi perokok aktif. Perokok harus tahu hubungan kopi dengan merokok dan tahu juga cara menghentikan kebiasaan merokok yang bisa merusak kesehatan tubuh. Minum kopi dalam jumlah tepat dan tidak berlebihan akan mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat kopi bagi kesehatan tubuh.

Mengurangi rasa sakit kepala
Seorang ahli bernama Semond Damor dari Chicago's Diamond Headache Clinic menjelaskan bahwa kopi hitam pekat mengandung kafein yang dapat mengurangi rasa sakit kepala.

Mengurangi resiko terkena penyakit kanker
Menurut riset menyebutkan bahwa minum kopi dapat mengurangi resiko terkena berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker usus besar, kanker hati dan kanker payudara.

Manfaat Kopi Bagi Perokok Aktif

Berpengaruh dalam kognitif seseorang
Di negara perancis melakukan studi tentang minum kopi yang melibatkan 2820 pria dan 4197 wanita dan hasilnya menunjukkan bahwa minum tiga cangkir kopi sehari bisa menghambat penurunan fungsi kognitif otak yang disebabkan oleh penuaan sampai 33 persen pada wanita. Namun, manfaat kopi tidak ditemukan pada pria karena wanita kemungkinan besar lebih peka terhadap kafein.

Menurunkan resiko terkena penyakit diabetes
Minum kopi dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Huazhong University of Scince and Technology. Penelitian ini menemukan tiga kandungan senyawa alami yang ada pada kopi yakni asam klorogenik, asam kafeik dan kafein. Tiga kandungan alami tersebut memiliki manfaat kesehatan masing-masing yang berhubungan dengan penurunan resiko diabetes tipe 2.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Proses Pembuatan Kopi Instan

Akibat Makan Bubuk Kopi