Manfaat Minum Kopi Di Malam Hari

Memang paling nikmat menikmati secangkir kopi saat pagi hari. Namun, waktu paling baik untuk minum kopi bukan setelah bangun tidur melainkan diminum saat menjelang siang. Para ilmuwan melakukan penelitian dan menyatakan bahwa menikmati kopi atau teh setiap hari adalah di waktu pukul 9.30 dan 11.30 siang. Alasannya karena kafein yang masuk ke dalam tubuh akan bereaksi dengan hormon kortisol yang dapat membantu mengatur jam kerja tubuh serta meningkatkan kewaspadaan.

Hormon kortisol biasanya akan meningkat saat di pagi hari secara alami setelah bangun tidur dan tingkatannya akan tetap tinggi selama beberapa jam. Pukul 8-9 pagi adalah waktu dimana hormon kortisol paling tinggi, karena itulah di waktu tersebut kita tidak perlu lagi mengkonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya. Bila minum kopi di waktu tersebut maka bisa menyebabkan tubuh kecanduan.

Dalam jangka panjang maka tubuh akan terus meminta kortisol dalam jumlah yang lebih banyak lagi sehingga orang-orang harus minum kopi atau teh dulu agar tubuhnya menjadi lebih segar. Keinginan tubuh dalam mengkonsumsi kafein akan terus meningkat dan dapat meningkatkan jumlah kafein dalam sehari. Faktanya mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak dapat meningkatkan detak jantung sehingga tidak baik bagi kesehatan jantung.
Manfaat Minum Kopi Di Malam Hari

Ahli syaraf bernama Steven Miller di Uniformed Services University of the Health Sciences di Bethesda, Maryland menyarankan untuk minum kopi atau minuman berkafein lainnya setelah pukul 9 pagi agar menjaga produksi hormon kortisol tetap stabil, tidak turun dan tidak naik.

Mengkonsumsi satu cangkir kopi di pagi hari akan membuat seseorang akan beralih ke espresso dengan rasa yang lebih kuat lagi. Sebaiknya minum kopi dilakukan saat menjelang siang dan sore hari supaya membantu mengimbangi jeda ketika level kortisol dalam tubuh menurun

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Proses Pembuatan Kopi Instan

Akibat Makan Bubuk Kopi