Manfaat Kopi Hitam Pahit

Kopi merupakan salah satu komoditas pertanian asli dari Indonesia bahkan saking terkenalnya produk kopi sampai dikirim ke luar negeri untuk dijadikan minuman. Sudah menjadi tradisi minum kopi pada waktu pagi dan sore hari. Sebagian besar orang minum kopi dengan berbagai macam campuran seperti susu, gula, dan latte agar semakin kaya rasa. Berikut ini manfaat kopi hitam pahit.

Sumber antioksidan 
Kandungan antioksidan dalam kopi sangat banyak dan juga mengandung berbagai sumber nutrisi seperti kromium, niasin, kalium, vitamin E dan magnesium. Kandungan kromium dari kopi berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Sedangkan manfaat kromium dan magnesium untuk menurunkan kadar kolesterol buruk dalam darah. Minum kopi tanpa gula secara rutin yang memiliki kandungan flavonoid tinggi ini dapat menurunkan resiko terkena penyakit akut.

Mengurangi kerusakan fungsi kognitif pada lansia
Pria dan wanita yang suka minum kopi pahit tanpa gula biasanya memiliki syaraf sensorik dan motorik yang sangat baik. Orang tua biasanya mengalami penurunan fungsi syaraf sehingga dapat menurunkan kemampuan dalam beraktivitas. Manfaat kopi hitam pahit adalah mengurangi semua jenis resiko penuaan yang berkaitan dengan syaraf.
Manfaat Kopi Hitam Pahit

Mengurangi potensi diabetes
Kopi hitam pahit berkhasiat untuk mengurangi kadar gula yang naik dalam darah. Fungsi kopi hitam melancarkan proses metabolisme sehingga produksi hormon insulin dapat dilakukan sesuai kebutuhan tubuh. Minum kopi hitam rutin dapat menyeimbangkan hormon yang mengatur produksi insulin dan meningkatkan produksi insulin.

Mengurangi resiko kanker
Kafein dari kopi dapat melindungi pria dari kanker usus besar dan kanker prostat. Bahkan dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara dan kanker hati. Mengkonsumsi kopi hitam tanpa campuran gula dan zat lain ternyata mampu meningkatkan zat aktif guna melawan bahan asing pembentuk kanker.

Tubuh lebih bugar
Ory Hofinekler salah satu ahli kopi yang menyatakan bahwa minum kopi dengan cara yang benar dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar. Kesehatan otot menjadi lebih kuat setelah minum kopi secara rutin. Namun, minum kopi pahit harus tanpa gula.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Proses Pembuatan Kopi Instan

Akibat Makan Bubuk Kopi