Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Pria dan wanita menggemari minuman kopi karena dapat menghilangkan rasa kantuk sehingga banyak terdapat gerai kopi yang bermunculan di sudut-sudut kota sampai mall. Kafein dalam kopi merupakan senyawa kimia alkaloid yang disebut sebagai trimetilsantin. Kopi dalam kafein memiliki jumlah kandungan sebesar 1-1,5%.

Dalam dunia medis, kafein sering dimanfaatkan untuk meningkatkan kerja jantung dan produksi urin. Kafein dalam jumlah dosis yang rendah berfungsi untuk membangkitkan stamina dan menghilangkan rasa sakit. Selain mengurangi rasa kantuk, kafein dari kopi dapat memunculkan perasaan segar bagi peminumnya.

Selain baik untuk kesehatan ternyata kopi dapat menimbulkan efek samping seperti ketergantungan atau kecanduan. Minum kopi dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Penelitian menemukan bahwa orang yang minum kopi lebih dari lima gelas perhari dapat meningkatkan resiko rusaknya dinding pembuluh darah.

Para wanita yang sedang hamil atau mengandung tidak disarangkan untuk minum kopi dan mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein. Karena kafein dapat meningkatkan detak jantung pada ibu hamil dan menyerang plasenta pada sirkulasi darah janin sehingga dapat mengakibatkan keguguran. Berikut ini fakta tentang kopi.
Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Kafein dari kopi dapat menghilangkan nyawa
Jangan pernah mengkonsumsi kopi lebih dari empat cangkir karena dapat menyebabkan kematian.

Kafein baik untuk tubuh
Studi menunjukkan bahwa kopi mengandung antioksidan, minum satu atau dua cangkir kecil kopi setiap hari untuk mendapatkan kandungan antioksidan dan bila tidak suka kopi bisa menggantinya dengan teh hitam.

Mengurangi rasa sakit
Minum dua cangkir kecil kopi dapat mengurangi rasa sakit pada otot setelah berolahraga tapi hal ini hanya berlaku pada orang yang bukan pecandu kopi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Proses Pembuatan Kopi Instan

Akibat Makan Bubuk Kopi