Kopi Pahit Bikin Kurus

Kopi mengandung kafein sebenarnya bukan berita baru karena jenis minuman ini paling banyak dikonsumsi di dunia. Kopi bisa memberikan segudang kebaikan bagi tubuh asalkan dibuat dengan benar, mulai dari menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan suasana hati.

Pada dasarnya kopi mengandung beberapa zat aktif biologis yang dapat mempengaruhi metabolisme dalam tubuh. Beberapa zat yang terkandung dalam kopi adalah kafein, chlorogenic acid, theabromine dan theophylline. Dari beberapa zat penting dalam kopi yang paling banyak diteliti oleh para ilmuwan adalah zat kafein.

Hal ini dikarenakan zat kafein dari kopi bereaksi terhadap saraf dan otak. Berikut ini manfaat kafein dari kopi yang berdampak dalam tubuh kita.

Membantu menguraikan lemak
Kafein dapat merangsang sistem saraf agar dapat mengirimkan sinyal secara langsung ke jaringan lemak untuk memecah dan mengurai lemak yang masuk ke dalamnya. Kafein berperan penting dalam meningkatkan hormon epinephrine dalam darah atau disebut dengan adrenaline epinephrine yang akan menyebar ke seluruh darah termasuk jaringan lemak dan mengirimkan perintah untuk memisahkan lemak serta melepaskan ke sel darah. Singkatnya, kafein dapat mengurai lemak yang mengendap dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi.
Kopi Pahit Bikin Kurus

Meningkatkan metabolisme
RMR atau resting metabolic rate merupakan banyaknya kalori yang terbakar ketika sedang beristirahat. Meskipun tidak melakukan apa-apa, tubuh tetap membakar kalori dalam tubuh. Menurunkan berat badan akan semakin mudah bila RMR semakin tinggi. Bahkan orang tetap bisa makan banyak tanpa takut menjadi gemuk.

Beberapa studi menemukan bahwa RMR dapat naik sebesar 3-11% bila mengkonsumsi kafein. Jikasemakin banyak mengkonsumsi kafein maka efeknya semakin besar. Menurunkan berat badan akan semakin cepat asalkan kamu mau berolahraga secara rutin. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein tidak akan berpengaruh sama sekali pada penderita obesitas.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Proses Pembuatan Kopi Instan

Akibat Makan Bubuk Kopi