Bahaya Kopi Dan Rokok

Beberapa tahun yang lalu dunia maya sempat dihebohkan dengan seorang anak berumur dua tahun dari indonesia yang merokok tanpa henti. Orang tua anak tersebut malah bangga dengan perilaku anaknya yang suka merokok. Orang di negara kita kurang informasi atau tidak tahu bahaya rokok yang ditimbulkan. Padahal di AS merokok sangat dilarang khususnya anak di bawah 18 tahun. Bila penjual menjual rokok pada anak di bawah 18 tahun dan ketahuan maka hukumannya akan dipecat dan kena denda.

Pemerintah As memang sangat ketat mengenai aturan penjualan rokok. Bahkan iklan rokok tidak diperbolehkan tayang di TV, bioskop dan di jalan. Mereka sangat tahu bahaya yang dapat disebabkan oleh rokok mulai dari penyakit jantung, kanker dan sebagainya.

Memang sangat nikmat minum kopi sambil ditemani rokok tapi menurut dokter jantung menyatakan kalau kombinasi ini sangat berbahaya karena dapat meningkatkan kerusakan pada jantung. Banyak anak muda dan orang dewasa sering menghisap rokok sambil minum kopi dianggap hal yang jantan padahal ini dapat mempercepat kerusakan jantung.
Bahaya Kopi Dan Rokok

Kafein dalam kopi dan nikotin dalam rokok memiliki efek yang sama karena saling menguatkan sehingga jantung akan bekerja dengan sangat cepat dari biasanya dan tentu saja ini memberikan beban yang berat sehingga dalam jangka panjang dapat membuatnya rusak. Faktor resiko paling utama dari bahaya kopi dan rokok adalah gangguan jantung dan pembuluh darah.

Bahkan dibandingkan dengan penyakit hipertensi dan diabetes melitus terbukti rokok lebih berbahaya. Rokok dapat menimbulkan penyakit kronis khususnya kanker dan untuk perempuan yang terkena racun dalam rokok dapat mengganggu pertumbuhan janin selama berada di kandungan. Penelitian pada tahun 2007 menyatakan bahwa kopi dapat mempengaruhi kebiasaan merokok. Seseorang selalu gagal saat ingin berhenti merokok karena kebiasaan sering minum kopi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Proses Pembuatan Kopi Instan

Akibat Makan Bubuk Kopi