Apakah Kopi Hitam Bikin Gemuk

Kopi adalah salah satu minuman kesehatan tapi bila dikonsumsi dengan cara tidak tepat dapat menimbulkan masalah kesehatan. Kebiasaan setengah orang di dunia adalah minum kopi. Minum kopi bisa menyediakan tambahan tenaga di waktu pagi, sore dan malam hari. Minum kopi sangat baik bagi kesehatan tubuh asalkan tidak berlebihan dan tidak dicampur dengan mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan yang malah dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Kopi dapat menurunkan berat badan tapi dalam kondisi tertentu minum kopi malah dapat meningkatkan berat badan bahkan obesitas. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan proses metabolisme sehingga pembakaran kalori di dalam tubuh akan semakin banyak.

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan menunjukkan bahwa sebelum berolahraga minum kopi dapat memaksimalkan pembakaran lemak. Studi ini melibatkan atlet yang minum kafein sebelum melakukan olahraga dan hasilnya membakar 15 persen kalori lebih banyak sampai tiga jam setelah olahraga.

Namun, penelitian lain menyatakan pendapat yang berbeda bahwa minum kafein dalam jangka panjang dapat mengakibatkan obesitas. Saat orang minum kopi maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan mengubahnya menjadi lemak.
Apakah Kopi Hitam Bikin Gemuk

Kedua penelitian tersebut tidak bertentangan karena orang yang minum kopi memiliki kondisi yang berbeda dalam menikmati kopi. Contoh sederhana, kamu minum kopi dengan takaran cukup maka ini artinya kamu tidak mengonsumsi kafein secara berlebihan seperti minum 2 gelas kecil kopi perhari. Khasiat kopi akan berbeda bila ada orang yang minum kopi sambil dicampur susu kental manis, gula, krimer dan sambil mengkonsumsi camilan ringan seperti kue, donat dan sebagainya. Hal ini malah dapat meningkatkan kalori di dalam tubuh. Khasiat yang dirasakan pun berbeda bagi setiap individu.

Minum kopi di coffe shop juga dapat meningkatkan berat badan karena rata-rata kopi yang disajikan tersebut telah mengalami banyak perubahan. Misalnya saja ada berbagai jenis kopi yang disajikan mulai dari espresso, kopi latte dan cappuccinos yang ditambahi dengan krim, susu, tambahan gula dan sirup. Minum kopi seperti ini sama saja dengan mengkonsumsi satu porsi fast food. Jadi disimpulkan bila minum kopi hanya boleh dua cangkir kecil sehari tanpa diberi tambahan apapun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Proses Pembuatan Kopi Instan

Akibat Makan Bubuk Kopi