Akibat Terlalu Sering Minum Kopi Hitam

Kebiasaan minum kopi dilakukan oleh sebagian besar orang di seluruh dunia termasuk masyarakat indonesia. Manfaat minum kopi adalah merangsang sistem saraf pusat, meningkatkan energi, melindungi tubuh dari paparan radikal bebas seperti polusi udara, asap rokok dan sinar ultraviolet.

Kopi sering dianggap bermanfaat untuk kesehatan tapi bila minum kopi hitam atau instan secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh. Penyebab timbulnya efek samping karena kandungan kafein dalam kopi. Berikut ini akibat terlalu sering minum kopi hitam.

Kematian dini
Minum kopi lebih dari empat cangkir setiap hari berhubungan dengan kematian dini. Menurut studi mengungkapkan bahwa pria yang minum kopi lebih dari empat cangkir per hari mengalami peningkatkan 21% dari semua penyebab kematian. Selain kafein, kopi mengandung kalium dan asam fenolik. Minum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, penumonia, diabetes, pernapasan kronis dan influenza, kanker tidak termasuk.
Akibat Terlalu Sering Minum Kopi Hitam

Tekanan darah tinggi
Menurut studi mengungkapkan bahwa kafein dari kopi dapat meningkatkan tekanan darah meskipun awalnya orang tersebut memiliki tekanan darah yang normal. Minum kopi berkafein memang terbukti dapat meningkatkan tekanan darah.

Kolesterol
Peningkatan kolesterol LDL ternyata disebabkan minum kopi terlalu banyak. Hal ini dikarenakan kopi mengandung terpene yakni sejenis minyak dalam kopi. Peningkatan kadar kolesterol sekitar 6 sampai 8 persen disebabkan minum lima cangkir kopi setiap hari.

Penyakit jantung
Banyak penelitian yang ingin menemukan hubungan antara minum kopi dengan penyakit jantung koroner. Minum kopi berkaitan dengan meningkatnya kadar homosistein dalam darah. Menurut studi terbaru menyebutkan bahwa orang yang minum satu sampai empat cangkir kopi per hari dapat meningkatkan resiko terkena gagal jantung.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Proses Pembuatan Kopi Instan

Akibat Makan Bubuk Kopi