Manfaat Air Kopi Untuk Tanaman

Menurut penelitian kopi memiliki kandungan kalium yang dapat mempercepat tanaman untuk tumbuh. Ketika kopi ditambahkan ke tanah ternyata membantu tanaman untuk tumbuh lebih cepat. Kopi dapat memberikan nutrisi ke dalam tanah karena mengandung bahan organik. Ditambah lagi kopi akan menarik perhatian cacing untuk mendekat di sekitar tanaman dan membantu menyuburkan tanah.

Tidak sedikit orang dewasa yang suka minum kopi tapi sangat jarang yang mengetahui manfaat kopi untuk tanaman. Ampas kopi yang biasanya dibuang dapat dijadikan pupuk untuk tanaman. Biasanya orang yang memiliki tanaman di pekarangan rumah umumnya memakai pupuk organik untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Membeli pupuk mengeluarkan banyak biaya dan untuk mengurangi pengeluaran tersebut dapat menggunakan ampas kopi.

Biji kopi sangat kaya dengan gula, kalsium, tembaga, magnesium, karbohidrat dan beberapa macam vitamin lainnya. Selain itu, biji kopi mengandung kadar asam yang bagus untuk beberapa jenis tanaman seperti tomat, alpukat dan sebagainya. Manfaat lain dari bubuk kopi bekas dapat membantu pertumbuhan jamur yang bisa dikonsumsi. Bahkan dapat mempercepat pertumbuhan kacang tanah.
Manfaat Air Kopi Untuk Tanaman

Sebuah penelitian kecil-kecilan melakukan riset mengenai manfaat air kopi untuk tanaman. Bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut diantaranya tanah secukupnya, bibit kacang hijau 12 biji, polybag 9 buah, pensil satu buah, penggaris 30 cm satu buah, air kopi dan air biasa secukupnya

Cara membuatnya adalah masukkan biji dan tanah pada polybag atau pot yang memiliki ukuran dan jumlah yang sama. Siram pot tanaman dengan air biasa dan air kopi sebanyak dua kali sehari. Kamu harus mengamati pertumbuhan tanaman kacang setiap hari setelah menyiramnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Proses Pembuatan Kopi Instan

Akibat Makan Bubuk Kopi