Kandungan Kimia Ampas Kopi

Fungsi kopi tidak hanya sebagai minuman penambah tenaga di pagi hari. Manfaatnya tidak akan habis karena ampas kopi dapat digunakan dalam banyak hal mulai dari berkebun, memasak dan untuk membersihkan peralatan rumah tangga. Jadi jangan pernah membuang ampas kopi ke tempat sampah bila sudah tahu manfaat yang diberikan. 

Membersihkan panci, wajan dan pemanggang
Kandungan dari bubuk kopi kasar dapat dimanfaatkan untuk membersihkan peralatan memasak yang berminyak dan susah dihilangkan. Cukup dengan menaruh bubuk kopi pada kain usang lalu digosokkan pada pemanggang, wajan dan panci. Ditambah lagi kopi dapat mengurangi kotoran yang susah dihilangkan.

Ampas kopi digunakan untuk kompos
Ampas kopi dapat ditambahkan pada kompos yang kamu miliki. Tentu saja manfaat ampas kopi dicampur kompos dapat menambah kesuburan tanaman dan tanah. Cacing sangat menyukai kopi dan secara tidak langsung menyuburkan tanaman.
Kandungan Kimia Ampas Kopi

Untuk menyuburkan tanaman
Bubuk kopi digunakan sebagai pupuk organik dapat meningkatkan kadar air di dalam tanah. Bubuk kopi dicampur ke tanah akan menambahkan beberapa elemen penting seperti fosfor dan potasium tanpa memakai bubuk kimia. Bubuk kopi sebelumnya harus dibilas terlebih dahulu agar keasamannya berkurang atau tambahkan kompos terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan tanah.

Menghilangkan bau bawang putih dan bawang merah di tangan
Memang sangat sulit menghilangkan bau bawang merah dan bawang putih dari tangan. Bila kesulitan membersihkan baunya dapat menggunakan bubuk kopi yang digosokkan pada tangan setelah selesai memotong bawang.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Proses Pembuatan Kopi Instan

Akibat Makan Bubuk Kopi