Kandungan Dalam Ampas Kopi

Orang yang suka minum kopi jangan langsung terburu-buru membuang ampasnya karena dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, kecantikan bahkan untuk menyuburkan tanaman. Kopi adalah salah satu jenis minuman yang disukai banyak orang dan seringkali disajikan dalam keadaan panas. Biasanya biji kopi dipanggang, ditumbuk dan disangrai agar mendapatkan kualitas minuman kopi yang berkualitas. Berikut ini adalah manfaat ampas kopi dari berbagai bidang.

Sebagai pupuk organik
Ampas kopi dapat digunakan sebagai pupuk tanaman pot. Orang yang gemar berkebun sekaligus suka minum kopi jangan dulu membuang ampasnya karena ampas kopi dapat langsung dipakai untuk menyuburkan tanaman. Cukup dengan cara menaburkan di atas permukaan tanah pada tanaman pot.

Jangan pernah menaruh pupuk kopi pada tanaman kaktus atau anggrek. Kandungan nutrisi yang sangat kaya pada ampas kopi ternyata dapat dipakai sebagai pupuk. Kandungan ampas kopi di antaranya adalah karbohidrat, mineral, nitrogen dan menetralkan pH.
Kandungan Dalam Ampas Kopi

Biosolar dari ampas kopi
Para penggemar kopi pasti sangat menyukai kopi hitam dibandingkan dengan kopi instan karena kopi hitam lebih kaya rasa dan aromanya lebih harum. Saat mengkonsumsi kopi biasanya orang tidak menghabiskannya dan hanya tersisa ampasnya. Ampas kopi jangan dibuang dulu karena dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif.

Penelitian yang dilakukan di Nevada membuktikan bahwa ampas kopi dapat digunakan sebagai bahan biosolar untuk mobil dan truk murah yang ramah lingkungan. Sekarang ini biosolar sedang dikembangkan lebih jauh mengingat bahan bakar fosil mengalami krisis.

Keunggulan biosolar menggunakan ampas kopi adalah sangat stabil dibandingkan biosolar tradisional ditambah lagi biosolar tersebut masih memiliki bau kopi. Di dalam ampas kopi terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Proses Pembuatan Kopi Instan

Akibat Makan Bubuk Kopi