Cara Membuat Pupuk Dari Ampas Kopi

Mulai sekarang anda jangan buru-buru membuang sampah dapur ini karena sangat baik untuk menyuburkan tanah dan mempercepat proses pertumbuhan tanaman. Apa saja dapur sampah yang tidak boleh dibuang dan dapat dimanfaatkan?

Ampas kopi
Bubuk kopi bekas yang tidak terpakai bila ditaruh dan dicampur ke tanah di sekitar tanaman maka dampak positifnya dapat bertindak sebagai pupuk. Diketahui bubuk kopi bekas merupakan bahan organik yang dapat meningkatkan aerasi tanah, retensi air dan drainase.

Kandungan nitrogen dari kopi pada tanah sangat baik untuk pertumbuhan tanaman. Ampas kopi memang mengandung kadar asam dan tidak akan mempengaruhi tingkat pH tanah asalkan tidak menggunakannya dalam jumlah yang banyak atau berlebihan. Bubuk kopi juga bermanfaat menarik kehadiran cacing yang berfungsi menyuburkan tanaman. Tidak sulit membuat ampas kopi menjadi pupuk karena tinggal campurkan saja langsung dengan tanah dalam jumlah secukupnya atau tidak berlebihan.
cara membuat pupuk dari ampas kopi

Kulit pisang
Cara yang baik untuk meningkatkan kesuburan tanah secara alami adalah dengan menambahkan kulit pisang. Kandungan bakteri dari kulit pisang ternyata baik untuk tanaman. Sebelum dicampurkan ke tanah sebaiknya kulit pisang dipotong menjadi kecil-kecil supaya penyebaran bakteri di kulit pisang dapat menyebar secara merata di sekitar tanaman. Otomatis tanah di sekitar tanaman menjadi lebih subur dan mempercepat proses tanaman untuk tumbuh.

Manfaat kulit pisang sendiri adalah memperbaiki drainase tanah sehingga cacing tanah di sekitar tanaman dapat berkembang biak dengan baik dan dapat menyuburkan tanah. Setelah kulit pisang terurai maka kandungan di dalamnya seperti kalsium, belerang, magnesium, kalium, natrium dan fosfat dapat membantu pertumbuhan tanaman dengan baik.

Cangkang telur
Ternyata cangkang telur yang selalu dibuang ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan organik yang baik untuk tanah dan tanaman. Caranya adalah dengan mencucinya sampai bau amis di cangkang telur menghilang sepenuhnya. Setelah itu keringkan di dalam wadah selama beberapa hari. Kemudian kulit telur yang sudah kering lalu dihancurkan dan taburkan di sekitar tanaman yang kamu miliki. Fungsi kulit telur sendiri adalah meningkatkan drainase dan menambah kalsium yang berguna meningkatkan pertumbuhan tanaman. Manfaat lain dari kulit telur tersebut adalah mengusir siput yang merusak tanaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Proses Pembuatan Kopi Instan

Akibat Makan Bubuk Kopi