Bahaya Kopi Hitam

Kebiasaan minum kopi dilakukan hampir semua orang di seluruh dunia termasuk masyarakat indonesia. Pada dasarnya minum kopi itu memiliki manfaat yang baik bagi tubuh yakni dapat merangsang sistem saraf pusat, menambah energi, melindungi tubuh dari radikal bebas seperti asap rokok, polusi udara dan sinar ultraviolet.

Kopi dipercaya berkhasat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan tapi terlalu banyak minum kopi terutama jenis kopi hitam akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Penyebabnya karena kopi mengandung kafein. Terlalu banyak kandungan kafein yang masuk ke dalam tubuh manusia dapat mengakibatkan tremor otot, masalah pencernaan, suka marah-marah dan insomnia.

Kematian dini
Minum kopi sebanyak empat cangkir dalam sehari dapat mengakibatkan kematian dini. Sebuah studi yang dilakukan klinik Mayo menemukan kalau pria yang minum empat cangkir kopi akan mengalami peningkatan kematian dini. Selain kafein, kopi memiliki banyak kandungan di dalamnya seperti kalium dan asam fenolik. Peminum kopi akan meningkatkan resiko kematian akibat diabetes, penumonia, penyakit jantung dan sebagainya.
Bahaya Kopi Hitam

Tekanan darah tinggi
Charalambos Vlachopoulos melakukan sebuah studi yang menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan kekakuan arteri besar pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah bahkan pada orang yang memiliki tekanan darah normal. Minum kopi secara terus menerus dapat meningkatkan tekanan darah.

Kolesterol
Terlalu banyak minum kopi mampu meningkatkan kolesterol LDL/jahat. Kopi memiliki kandungan minyak yang disebut terpene. Minum kopi sebanyak lima cangkir setiap hari dapat meningkatkan kadar kolesterol sebesar 8 persen.

Penyakit jantung
Banyak penelitian yang ingin mengetahui hubungan antara minum kopi dan penyakit jantung koroner. Meningkatknya kadar homosistein dalam darah disebabkan oleh minum kopi sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit seperti penyakitjantung, stroke dan penyakit pembuluh darah perifier. Menurut analisis menunjukkan bahwa orang memiliki risiko terkena gagal jantung lebih tinggi bila minum empat cangkir kopi setiap hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Proses Pembuatan Kopi Instan

Akibat Makan Bubuk Kopi