Akibat Makan Bubuk Kopi

Bahaya makan kopi bubuk mungkin belum diketahui banyak orang padahal sebagian besar orang memiliki kebiasaan minum kopi. Ditambah lagi ada segelintir orang yang suka makan bubuk kopi. Kebiasaan ini tidak baik karena bubuk kopi tidak baik bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi jangka panjang maupun jangka pendek. Berikut ini adalah akibat makan bubuk kopi bila dilakukan terus menerus.

Merusak lambung
Meningkatkan produksi asam lambung yang melebihi kadar normal sangat berbahaya. Salah satu faktor peningkatkan produksi asam lambung dikarenakan minum kopi. Dampak negatifnya bisa membuat lambung terluka dan bila dibiarkan dalam waktu lama bisa membuat lambung rusak.

Insomnia atau susah tidur
Orang dewasa membutuhkan tidur sekitar 7-8 jam setiap malam. Bila kurang tidur meskipun cuman satu jam dampak mengganggu konsentrasi, keseimbangan dan kinerja di siang hari. Kebiasaan makan ampas kopi yang menjadi penyebab orang tidak bisa tidur atau insomnia.
Akibat Makan Bubuk Kopi

Tulang keropos atau osteoporosis
Kopi mengandung kafein yang membuat tubuh mengeluarkan kalsium melalui  urin. Bila kopi diminum secara berlebihan dampak negatifnya bisa memicu tulang keropos atau osteoporosis dalam jangka panjang. Fakta menyebutkan bahwa setiap kalian mengonsumsi satu gelas kopi berukuran 180 ml dapat menghilangkan sekitar 5 mg kalsium. Bagi ibu hamil yang memiliki kebiasan makan kopi bubuk sebaiknya dihentikan karena membahayakan janin di dalam kandungan. Saat kelahiran bayi akan terlahir prematur. 

Penuaan dini
Akibat makan bubuk kopi yang lain adalah memicu kerutan. Alasannya kafein akan membuat tubuh mengeluarkan cairan melalui urin sehingga mengakibatkan dehidrasi. Saat minum kopi jangan lupa juga diimbangi dengan minum air putih supaya tubuh selalu terhidrasi.

Mempengaruhi pita suara
Orang yang suka minum kopi dapat menyebabkan terganggunya kualitas suara. Orang yang memiliki gangguan pada pita suaranya atau penyanyi dilarang untuk mengonsumsi kafein dalam kopi karena dapat menurunkan kualitas suara. Kebiasaan makan bubuk kopi dapat dihentikan dengan menerapkan gaya hidup sehat dan olahraga teratur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merokok sambil minum susu

Proses Pembuatan Kopi Instan